Pages

WAP ?? Apaan Tuh ??



Hmmm . Disela-sela kesibukan (jahelahh gaya banget) maksudnya disela-sela ketidak jelasan aktivitas saya di kampus saya menyempatkan diri untuk mengupdate blog ini. lumayan lah buat bagi2 pahala sama temen2 dan ilmu. hehe

kali ini saya akan mencoba sedikit membahas tentang WAP. Pasti kalo yg masih awam sama kayak gue bingung apaan tuh WAP ?? soalnya setau gue wap itu buat di handphone .

  Oke kita liat aja yuk langsung apa itu WAP .. CEKIBROTT ..


Dikutip dari wapforum.org dalam paper yang berjudul “Wireless Application Protocol Architecture Specification", Wireless Application Protocol didefinisikan sebagai suatu set protokol pada transport layer, session layer dan application layer yang memungkinkan berkomunikasi lewat jaringan komunikasi wireless. WAP merupakan langkah awal menuju internet mobile, yang memungkinkan sebuah ponsel bisa mengakses internet. Pada dasarnya WAP adalah sebuah standar komunikasi (protokol) antara mobile device telephone dengan informasi yang ada di internet. Konsep WAP adalah menggabungkan dua bidang teknologi yang sedang berkembang pesat yakni wireless dan internet. Spesifikasi protokol WAP dikembangkan oleh suatu konsorsium dari perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam industri telekomunikasi wireless.


Cara Kerja WAP

Menurut WAP Technical White Paper pada situs wapforum.org, terdapat tiga bagian utama dalam akses WAP, yaitu perangkat wireless yang mendukung WAP, WAP Gateway sebagai perantara, dan Web Server sebagai sumber dokumen. Dokumen yang ada dalam web server dapat berupa dokumen HTML maupun WML. Dokumen WML khusus ditampilkan melalui browser dari perangkat WAP. Sedangkan dokumen HTML yang seharusnya ditampilkan melalui web browser, sebelum dibaca melalui browser WAP diterjemahkan terlebih dahulu oleh gateway agar dapat menyesuaikan dengan perangkat WAP. Namun demikian meskipun dokumen HTML dapat saja diakses oleh ponsel, dokumen WML lebih ditujukan untuk layar ponsel yang kecil. Untuk cara kerjanya WAP hampir mirip cara kerja internet saat ini. Dibutuhkan WAP gateway untuk menjembatani ponsel dengan internet dalam mengirim dan menerima data. Hal ini sama halnya dengan pengguna PC yang membutuhkan ISP (Internet Service Provider) sebagai gateway dalam menjembatani PC dengan internet. Syarat lainnya yang harus dipenuhi adalah ponsel yang digunakan harus WAP enabled, yaitu sudah dilengkapi dengan teknologi WAP yang digunakan untuk mengakses internet.


Application Layer/Wireless Application Environment (WAE)

    WAP terdiri atas lima layer: Wireless Application Environment, Wireless Session Protocol, Wireless Transport Protocol, Wireless Data Protocol dan Wireless Transport Layer Security. Dari kelima bagian itu, yang terlihat hanya WAE, yang menampilkan isi web ke layar. WAE terdiri dari Wireless Markup Language, sebuah varian dari HTML yang biasa digunakan untuk menampilkan isi web di monitor.

Elemen utama WAE :

1. WAE User Agent (Browser)

2. Content Generator

Merupakan aplikasi atau service pada sisi server yang menghasilkan format suatu standard content sebagai respon atas request dari user agent pada sisi client. WAE tidak mengkhususkan pada standard content generator tertentu, tapi lebih bervariasi daripada yang ada pada HTTP server.

3. Standard Content Encoding

Merupakan seperangkat content encoding yang telah didefinisikan sesuai dengan WAE User Agent. Standard Content Encoding meliputi compressed encoding (WML), bytecode encoding (WMLScript), standard image format, a multi-part container format, maupun calendar data format

4. WTA(Wireless Telephony Application)

Merupakan kumpulan spesifikasi fungsi untuk call dan mekanisme kontrol yang berhubungan dengan sistem teleponi.


Wireless Markup Language (WML)

     WAP mendefinisikan bahasa markup WML ( wireless markup language). Pengembang WAP menampilkan suatu situs yang menggunakan WML seperti pada HTML yang digunakan ada situs web. WML sendiri bebasis pada standar XML. Dan untuk scriptnya digunakan XMLScript.

WML didesain untuk bandwidth kecil dan perangkat tampilan kecil. Karena desain tersebut, maka digunakan apa yang disebut konsep ‘setumpuk kartu’ (deck). Sebuah interaksi antara agent user dan user dianggap sebagai sebuah kartu (card). Keindahan desain ini adalah bahwa lebih dari satu layer bisa didownload oleh client dalam sekali pengambilan data. Dengan WML script, pilihan atau masukan yang dilakukan user dapat di-handle dan diarahkan ke kartu-kartu yang telah terpanggil, sehingga dapat menghilangkan transaksi berlebihan dengan server yang berjauhan.


Salam

z.u.g.a

2 komentar:

Anonim mengatakan...

nice z.u.g.a. :kk:

iphone application development mengatakan...

It's a great information. The cool content here having an ideal tips!

Posting Komentar

Silahkan berkomen ria di sini. Biar lebih seru, pakai smiley/emoticon dengan meng-copy paste-kan kode di samping kanan gambar smiley/emoticon yang diinginkan.