Pages

Setting Jaringan dengan menggunakan Bandwith Manager

Disini saya akan mencoba sharing tentang konsep jaringan menggunakan bandwith manager. dulu ini adalah tugas kuliah saya dan teman2 pada semester 2. Check this out... :D
Konsep / Rancangan Jaringan dengan menggunakan Bandwith Manager:



  1. Siapkan dua buah NIC pada PC yang akan dijadikan sebagai Bandwith Manager PC yang lainnya.
  2. Hubungkan NIC yang pertama (eth0) terhadap router ADSL sedangkan hubungkan NIC yang kedua (eth1) terhadap Switch.
  3. Pada saat penyetingan NIC yang terhubung dengan router, maka NIC yang terhubung dengan Switch harus dalam keadaan disable.
  4. Berilah nama “eth0_menuju router” dan “eth1_menuju Switch” untuk memudahkan anda melakukan penyetingan.
  5. Cara penyetingan router ADSL sudah dijelaskan sebelumnya sehingga tidak dijelaskan kembali, setelah penyetingan router ADSL selesai dan PC yang dijadikan sebagai Bandwith Manager bisa melakukan koneksi ke Internet maka langkah selanjutnya adalah melakukan Internet Sharing ke NIC yang kedua (eth1_menuju Switch) tapi jangan lupa untuk meng-enable kembali NIC yang kedua tersebut.
  6. Setelah terjadi Internet Sharing ke eth1_menuju Switch maka lakukanlah penyetingan IP pada NIC yang kedua tersebut (eth1_menuju Switch).
  7. Klik kanan pada eth1_menuju Switch kemudian pilih properties sehingga muncul tampilan berikutnya
gambar 1
Tampilan kedua buah NIC yang digunakan untuk membuat Bandwith Manager.

  8. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lalu pilih menu Internet Protokol (TCP/IP) dan    pilih properties untuk melakukan konfigurasi IP.


  9. Setelah itu lakukan penyetingan IP pada eth1_menuju Switch dengan menggunakan kelas yang sama dengan eth0_menuju router akan tetapi harus berbeda segmen dan gateway pada eth1_menuju Switch tidak perlu diisi, jangan lupa untuk mengisi DNS Servernya.


  10. Kemudian klik ok dan proses penyetingan kedua NIC telah selesai.
   11. Langkah selanjutnya adalah anda harus menginstall aplikasi Bandwith Manager pada PC yang akan dijadikan pengatur Bandwith.
   12. Setelah anda selesai menginstall aplikasi Bandwith Manager maka bukalah aplikasi tersebut sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini.


    13. Tampilan pada saat membuka aplikasi Bandwith Manager
  14. Setelah muncul tampilan seperti di atas, kemudian pilih menu login dan password tidak perlu diisi karena masih default dan anda bisa mengkonfigurasinya sendiri.
  15. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini dan pada bagian “Network Interface” pilih “eth1_menuju Switch” dan tentukan jumlah PC yang terhubung dalam jaringan tersebut lalu pilih save kemudian klik menu Start.


   16. Jalankan koneksi Internet pada setiap PC untuk memulai pengaturan Bandwith dan untuk mengetahui PC mana saja yang terhubung dengan koneksi internet.


  17. Kemudian lakukan pengaturan dengan meng-klik kanan pada setiap PC lalu pilih “Add to Account” sehingga muncul tampilan berikutnya.


   18. Jika sudah dilakukan berulang-ulang maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini dan anda bisa melihar PC mana saja yang telah diatur Bandwithnya.



-eof-
#thx to:
- mr.Hero Suhartono
- qyubee crew
- all of echo member
- my almamater stmik-akademi bina insani
- YOU!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomen ria di sini. Biar lebih seru, pakai smiley/emoticon dengan meng-copy paste-kan kode di samping kanan gambar smiley/emoticon yang diinginkan.